Sering Berkendara, Ini 6 Tips Demi Hindari Kecelakaan Motor!
Lifestyle

Sering Berkendara, Ini 6 Tips Demi Hindari Kecelakaan Motor!

Indonesia, terutama daerah Jakarta, mempunyai penduduk yang cukup padat. Tambah lagi dengan kondisi jalanan yang semrawut, risiko kecelakaan kendaraan pun menjadi tinggi. Baik itu dalam skala kecil hingga besar.

Mengingat jumlah kecelakaan lalu lintas cukup besar, setiap pengendara perlu berwaspada. Mulai dari menjaga diri dengan perlindungan, mengecek kondisi kendaraan, hingga mengantisipasi risiko kecelakaan.

Jika kamu sering mengendarai motor dalam kehidupan sehari-hari, yuk mulai berkendara aman dengan mengikuti 6 tips berikut!

1. Cek Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Sebelum kamu jalan, biasakan periksa dulu kondisi motor kamu. Apakah semua bagiannya baik? Terutama untuk bagian tertentu, antara lain:

  • Rem
  • Ban motor
  • Lampu depan
  • Lampu belakang
  • Isi bensin

Jika memang ada yang tidak bagus kondisinya, sebaiknya langsung diganti atau memakai kendaraan lain dulu. Dengan begitu, kamu pun menghindari risiko motor rusak di tengah jalan.

2. Siapkan Pelindung Lengkap

Pelindung fisik dapat berupa helm, masker, sarung tangan, jaket, hingga celana panjang. Dengan begitu, tubuh kamu pun bisa lebih terlindungi jika terjadi benturan. Setidaknya tidak kena langsung pada kulit.

Namun, selain pelindung fisik, kamu juga bisa menyiapkan pelindung finansial. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan, yaitu dengan mempunyai asuransi motor dan asuransi kecelakaan diri. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu, kamu mempunyai uang untuk biaya pengobatan diri atau perbaikan kendaraan.

3. Kasih Jarak Aman

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah “jaga jarak aman”. Hal ini bertujuan untuk melindungi kamu jika kendaraan di depan kamu sampai melakukan rem dadakan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari tabrakan beruntun.

Idealnya sisakan jarak selama 3 detik. Hal ini berguna agar kamu bisa mempunyai waktu untuk bereaksi ikutan menginjak rem jika kendaraan depan rem secara mendadak.

4. Usahakan Tidak Mengemudi Terlalu Malam

Kondisi pencahayaan pada malam hari biasanya mempunyai risiko yang lebih tinggi. Terutama jika lampu depan motor kamu dan penerangan jalanan kurang baik.

Selain itu, kamu mau pun pengemudi lain juga lebih berisiko lelah atau mengantuk. Hal ini bisa mengurangi konsentrasi dalam berkendara dan pada akhirnya menyebabkan kecelakaan.

5. Antisipasi Kecelakaan

Memang lebih baik mencegah, namun tidak ada salahnya juga untuk mengantisipasi bahaya kecelakaan. Karena itu, selalu jaga kewaspadaan ketika berkendara. Dengan begitu, reaksi kamu pun bisa lebih cepat ketika terjadi suatu risiko.

Terutama di kondisi jalan tertentu yang lebih berisiko. Misalnya tikungan tajam, kondisi jalanan yang padat, kawasan berpenduduk, hingga kondisi jalan ketika sedang hujan.

Kamu pun juga bisa antisipasi risiko kecelakaan dengan asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa jika sudah berkeluarga. Dengan begitu, tidak hanya dirimu yang terlindungi dari risiko perawatan, keluarga kamu pun juga terlindungi jika sesuatu terjadi padamu sebagai penafkah utama keluarga.

Dengan asuransi online Super You, kamu bisa mendapatkan semua perlindungan yang kamu perlukan dengan harga mulai dari Rp30.000-an saja per bulan. Manfaatnya pun bisa kamu atur hingga mencapai Rp1,5M. Jadi, apakah kamu sudah siap berkendara dengan lebih aman?