Resistensi Antibiotik? Ancaman Kesehatan Manusia
Kesehatan

Resistensi Antibiotik? Ancaman Kesehatan Manusia

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan resistensi antibiotik? Betul. Keadaan dimana bibit penyakit tidak dapat mati lagi dengan pengobatan antibiotik tertentu. Tentu keadaan ini akan membahayakan karena banyak pengobatan yang membutuhkan antibiotik.

Apa yang Dimaksud dengan Resistensi Antibiotik

Resistensi antibiotik kini menjadi salah satu ancaman yang memiliki sifat Global karena banyak bakteri yang mulai kebal terhadap antibiotik tertentu. Hal ini tentu sangat mencemaskan karena dapat mengancam kemampuan tubuh untuk melawan berbagai patogen.

Umumnya infeksi yang disebabkan oleh patogen yang resisten terhadap antibiotik tidak mudah untuk disembuhkan sehingga penderita harus menjalani perawatan yang lebih lama di rumah sakit.

Tentu saja keadaan ini akan merugikan bagi penderita dan orang lain. Karena membutuhkan biaya yang cukup tinggi serta perawatan yang lebih maksimal. Selain itu Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat menular jika tidak dituntaskan secara maksimal.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya resistensi antibiotik adalah sebagai berikut:

Mengkonsumsi Antibiotik Secara Berlebihan

Salah satu yang menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik adalah konsumsi antibiotik tanpa adanya pengawasan dari dokter untuk membunuh kuman patogen. Sebab untuk memastikan bahwa bakteri tersebut mati perlu diukur dengan dosis yang tepat.

Hal tersebut hanya bisa ditegakkan dengan terapi yang dilakukan oleh para dokter Dengan sebelumnya melihat kondisi pasien dan menghitung berapa banyak dosis yang diperlukan untuk mematikan bakteri tersebut.

Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran bakteri yang resisten terhadap antibiotik adalah dengan menjaga kesehatan lingkungan. Bukan hanya pada orang di sekitar tetapi juga diri sendiri.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan pencegahan yang paling efektif pada penyebaran bakteri ini. Karena biasanya diluar tubuh patogen dapat mati dengan mencuci tangan menggunakan zat antibakteri.

Pencegahan Resistensi Antibiotik

Agar resistensi antibiotik ini tidak semakin berkembang, maka Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana. Antara lain adalah:

  • Gunakanlah antibiotik hanya ketika diresepkan oleh dokter
  • Selalu tebuslah resep antibiotik dalam jumlah yang sama persis sepertiĀ  yang tertulis
  • Konsumsilah sampai habis obat antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter walaupun gejalanya sudah membaik atau bahkan menghilang
  • Jangan mencoba mengobati diri sendiri dengan mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan untuk orang lain walaupun memiliki penyakit yang sama.
  • Tetapkanlah pola hidup bersih secara optimal di mana saja anda
  • Tetapkanlah pola hidup bersih secara optimal dimana saja anda berada
  • Lakukanlah vaksinasi wajib pada anak dan balita
  • Mencuci tangan lah sebersih mungkin sesuai dengan anjuran kesehatan
  • Bahan pangan yang menggunakan antibiotik dalam salah satu cara pembuatannya

Anda dapat membantu mencegah proses resistensi antibiotik yang terjadi tidak mengkonsumsinya secara sembarangan. Selain itu pula aplikasikanlah gaya hidup sehat setiap hari untuk mencegah sakit.