Macam-Macam Gerakan Senam Jantung Sehat, Bisa Dicoba di Rumah
Lifestyle

Macam-Macam Gerakan Senam Jantung Sehat, Bisa Dicoba di Rumah

Salah satu cara yang bisa dilakukan buat menjaga kesehatan jantung adalah melalui senam jantung sehat. Kegiatan satu ini ternyata bisa menjadi salah satu langkah jitu buat menghindari penyakit tersebut. Untuk melakukan gerakan-gerakannya ternyata tidaklah sulit seperti di bayangan bahkan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Seperti yang sudah diketahui, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit dimana menyebabkan kematian cukup tinggi di Tanah Air. Adapun penyebabnya ternyata dikaitkan dengan gaya hidup yang dimiliki oleh seseorang. Salah satunya adalah kebiasaan malas bergerak sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit ditas.

Macam-macam Gerakan Senam Jantung Sehat

Dari sekian banyaknya pilihan latihan fisik, senam jantung sehat menjadi pilihan olahraga paling popular bagi kalangan masyarakat. Terlebih lagi, saat melakukannya ternyata akan memberikan segudang manfaat untuk anda. Adapun gerakannya sendiri cukup beraneka ragam dan dibagi menjadi beberapa seri.

Berikut ini beberapa gerakan umum yang terdapat di senam untuk kesehatan jantung.

  1. Lateral Shuffle

Ini merupakan gerakan dimana akan meningkatkan detak jantung sekaligus mampu meningkatkan koordinasi tubuh baik ke sisi kiri maupun kanan. Untuk mempraktikannya cukup mudah, anda bisa berdiri dengan kaki terbuka selebar dengan panggul dan codongkan tubuh ke depan sedikit dan angkat kedua tangan di depan dada.

  1. Jalan di Tempat

Gerakan berikutnya adalah jalan di tempat atau high knee. Untuk jalan di tempat mengharuskan anda buat mengangkat kaki setinggi pinggang. Pertama bisa dimulai dengan berdiri dengan kaki rapat serta lengan tangan di samping tubuh. Angkat satu lutut kiri ke arah dada, begitu pula dengan lutut kanan. Lakukan secara bergantian.

  1. But Kicks

Gerakan didalam senam jantung sehat berikutnya yakni But Kicks dimana berbeda dengan jalan di tempat. Sebab dalam gerakannya, mengharuskan anda buat menekuk kaki ke belakangan dan menaruh kedua tangan di depan dada. Lakukan secara bergantian dari kaki kanan kemudian kaki kiri.

  1. Speed Skaters

Gerakan satu ini sebenarnya terinspirasi ketika anda tengah berada di atas skater. Dimana untuk mengaplikasikannya cukup mudah. Anda dapat mulai berdiri dengan kaki selebar bahu, silahkan salah satu kaki diarahkan ke belakangan sambil mengayun-ayunkan tangan ke dada.

  1. Rotational Jacks

Dalam senam jantung, rotational jacks juga menjadi gerakan dimana tidak kalah penting keberadaannya. Fungsinya pun bisa meningkatkan detak jantung sekaligus kekuatan dari jantung. Untuk melakukannya cukup mudah, berdirilah dengan meregangkan kaki dan letakkan salah satu tangan ke bawah hampir menyentuh lantai. Lakukan bergantian dengan tangan lainnya.

Dengan melakukan senam diatas ternyata akan memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain melakukan senam jantung sehat diatas, anda juga tidak boleh lupa buat memenuhi nutrisi terbaik untuk tubuh dengan cara mengkonsumsi susu Ensure. Kandungan kalium didalamnya mampu menurunkan risiko penyakit jantung.