Kenali Hal yang Meningkatkan Risiko Kanker Payudara
Lifestyle

Kenali Hal yang Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Dalam catatan medis, kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi. Data pada tahun 2018 hingga 2020 misalnya menunjukkan bahwa terjadi sekitar 26.550 kasus benjolan pada payudara yang bermuara pada kanker payudara. Jumlah tersebut merupakan angka yang besar dan menjadi pengingat betapa bahaya jenis kanker ini.

Banyak awam yang mengetahui bahwa kanker payudara hanya terjadi pada wanita saja. Pandangan ini tentu saja salah. Memang, wanita memiliki tingkat risiko tinggi terkena kanker payudara. Namun, pria pun sebenarnya juga memiliki risiko yang sama. Hal inilah yang membuat setiap orang perlu mengenali beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Beberapa Hal yang Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Ada beberapa hal yang menjadi sebab kenapa risiko kanker payudara cenderung meningkat pada masing-masing individu. Adapun beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. Dalam hal ini, faktor genetik menyumbang sekitar 5% hingga 10% kasus kanker payudara.

Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada penderita kanker payudara yang sama sekali tidak memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa faktor genetik tidak menjadi faktor mutlak seseorang terpapar kanker payudara.

  • Faktor usia

Selain faktor genetik, faktor usia juga menjadi sebab kenapa seseorang bisa terkena kanker payudara. Semakin meningkat usia seseorang, maka ia memiliki risiko kanker payudara yang cenderung lebih tinggi. Rata-rata, kasus kanker payudara ditemukan pada wanita dengan usia di atas 50 tahun.

Tidak hanya itu, wanita yang mengalami menstruasi di bawah usia 12 tahun atau menstruasi dini cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi. Oleh karenanya, tingkat kewaspadaan perlu ditingkatkan.

  • Faktor kehamilan

Beberapa kalangan mengatakan bahwa ada kaitan antara kasus kanker payudara dengan faktor kehamilan. Dalam hal ini, wanita dewasa yang belum pernah hamil memiliki risiko terkena paparan kanker payudara yang cenderung lebih tinggi. Dijelaskan bahwa wanita yang dimaksud adalah ia yang belum hamil di usia lebih dari 30 tahun dan tidak menyusui.

  • Faktor lain

Selain tiga poin di atas, ada beberapa faktor lain yang juga bisa meningkatkan risiko paparan kanker payudara. Beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah seseorang yang memiliki jaringan payudara yang padat, pernah terkena paparan radiasi dan lainnya.

Beberapa hal di atas harus menjadi catatan agar Anda bisa mencegah paparan kanker payudara sejak dini. Selain melakukan tindakan pencegahan, turut menggunakan layanan asuransi rawat jalan bisa menjadi salah satu opsi agar Anda mendapatkan perlindungan maksimal dari risiko paparan kanker payudara.