Jenis Vitamin Untuk Orang Tua
Kesehatan

Jenis Vitamin Untuk Orang Tua

Lain halnya dengan buah dan sayur yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar tubuh bisa semakin sehat. Akan tetapi suplemen memberi dampak yang berbeda. Untuk orang tua yang mengkonsumsi suplemen setiap hari belum tentu memiliki tubuh lebih sehat daripada yang tidak mengkonsumsinya.

Sebab pada dasarnya, apabila mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh telah tercukupi lewat konsumsi makanan sehari-hari, maka kehadiran suplemen sudah tidak dibutuhkan lagi. Walaupun begitu, karena pengaruh usia, terdapat beberapa jenis vitamin untuk orang tua yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, yakni :

1.       Vitamin D

Untuk orang tua yang memiliki aktivitas terbatas atau sedikit, peluang untuk terpapar cahaya matahari akan berkurang dan membuatnya menjadi kekurangan asupan vitamin D. Solusinya yaitu dengan mengkonsumsi suplemen seperti vitamin D yang bisa didapat dengan mudah.

Vitamin D begitu bagus bagi orang tua, namun harus melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai dosis yang dianjurkan. Karena, residu vitamin D tidak dapat dikeluarkan lewat air kencing, melainkan terakumulasi di dalam tubuh.  Biasanya dosis yang disarankan yaitu 10 mikrogram setiap hari.

2.       Vitamin B12

Berikutnya vitamin B12 adalah jenis vitamin yang cocok untuk orang tua dengan metode yang kompleks. Supaya dapat diserap oleh usus, jenis suplemen ini perlu diikat dahulu oleh sebuah zat yang nantinya dikeluarkan dari lambung.

Khusus bagi para lansia yang memiliki gangguan pada pencernaan seperti usus dan lambung, penyerapan suplemen ini bisa terganggu. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan vitamin B12 serta menyebabkan kesemutan, anemia, gangguan saraf dan menyebabkan iritasi di lidah.

3.       Vitamin B6

Beberapa penelitian menyatakan jika kadar vitamin B6 yang ada di dalam tubuh tercukupi bisa membantu menjaga ingatan pada orang tua. Vitamin B6 termasuk jenis vitamin untuk orang tua yang paling dianjurkan terkait fungsinya yang sangat berhubungan dengan penurunan ingatan yang terjadi pada lansia.

Kehadiran suplemen ini diharapkan bisa membantu para lansia untuk tidak pikun. Pastinya dibutuhkan upaya lain seperti melakukan beberapa aktivitas untuk melatih otaknya. Tidak hanya lewat suplemen saja, vitamin B6 bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel.

4.       Omega-3

Jenis suplemen satu ini berupa asam lemak esensial dan sangat penting untuk tubuh. Sebab tubuh manusia tidak bisa memproduksinya sendiri, orang tua perlu mendapatkannya dari suplemen atau makanan.

Sumber omega-3 bisa didapat melalui beberapa jenis makanan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden paling tidak dua sampai tiga porsi setiap minggunya. Jenis suplemen atau makanan yang memiliki kandungan omega-3 sebagai vitamin untuk orang tua ini, bukan sekedar penurun kolesterol saja namun juga bisa sebagai pengencer darah, menjaga kesehatan otak, mata serta menjaga kondisi jantung.