Hewan Langka yang Hampir Punah di Indonesia
Others

Hewan Langka yang Hampir Punah di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan fauna. Di banyak pulau di Indonesia, terdapat beragam fauna atau hewan khas yang menjadi ciri dan identitas negara ini. Hanya saja, diantara beragam hewan khas Indonesia tersebut, cukup banyak yang memiliki status sebagai hewan langka dan bahkan hampir punah.

Tentu, mengetahui beragam satwa langka tersebut menjadi hal yang penting. Pasalnya, berbekal pengetahuan yang dimiliki nantinya kita bisa berupaya dan berpartisipasi untuk menjaga kelestariannya. Terlebih, menjaga hewan-hewan langka tersebut dari upaya eksploitasi atas nama hiburan yang cukup marak di masyarakat.

Lantas, apa saja hewan langka yang ada di Indonesia dan berstatus hampir punah?

  1. Komodo

Komodo merupakan salah satu satwa langka endemik di Indonesia. Artinya, hewan yang satu ini sangat jarang ditemukan di luar Indonesia, bahkan di luar habitat asli mereka yang berada di Pulau Komodo.

Perlu diketahui bahwa komodo merupakan salah satu hewan purba yang masih lestari hingga saat ini. Sayangnya, sulitnya mengembangbiakkan komodo serta perubahan kondisi habitat asli yang terjadi membuat eksistensi komodo cenderung terancam.

  1. Burung Jalak Bali

Seperti namanya, burung jalak yang satu ini adalah satwa endemis yang berasal dari Bali. Pertama kali, satwa ini ditemukan pada tahun 1910 dan memiliki ciri berupa bulu berwarna biru yang ada di sekitar mata dan bulu tubuh yang berwarna putih bersih.

Burung jalak menjadi langka karena proses perkembangbiakannya berlangsung lama. Tidak hanya itu, banyak perburuan liar yang menargetkan burung ini untuk dijadikan koleksi. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu satwa langka yang cenderung terancam punah.

  1. Macan Tutul Jawa

Jenis hewan langka lain yang ada di Indonesia dan terancam punah adalah Macan Tutul Jawa. Hewan yang satu ini bahkan masuk dalam daftar merah di IUCN serta sudah dilindungi dengan undang-undang khusus.

Perlu diketahui, satwa yang satu ini termasuk jenis spesies macan tutul dengan ukuran yang paling kecil serta memiliki penglihatan yang sangat tajam. Seperti namanya, hewan ini memiliki habitat asli di Pulau Jawa. Sayangnya, habitat yang rusak serta perburuan liar yang terjadi membuatnya semakin langka dan terancam punah.

  1. Cenderawasih

Cenderawasih merupakan burung yang berasal dari Papua dan memiliki bulu yang sangat indah. Burung ini sendiri terbagi menjadi 41 spesies dan tersebar di banyak wilayah di Papua.

Burung Cenderawasih mendapatkan julukan bird of paradise karena keindahannya. Sayangnya, keindahan yang dimiliki Cenderawasih membuatnya menjadi target perburuan liar yang membuat jumlahnya menurun cukup drastis dan terancam punah saat ini.

Beberapa poin di atas adalah beragam hewan langka yang ada di Indonesia dan terancam punah. Tentu, setiap elemen masyarakat harus turut dalam upaya pelestariannya serta menolak eksploitasi satwa langka untuk keperluan hiburan semata.