Cara Merawat Ikan Cupang Terbaik Agar Sehat dan Tidak Gampang Penyakitan
Others

Cara Merawat Ikan Cupang Terbaik Agar Sehat dan Tidak Gampang Penyakitan

Tertarik ingin pelihara ikan cupang atau malah tertarik untuk membudidayakannya? Ketahui terlebih dahulu cara merawat cupang berikut dengan baik. Agar cupang yang kamu pelihara dapat tumbuh sehat.

Untuk yang tertarik ingin merawat cupang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Berikut beberapa hal yang dimaksud :

  • Menentukan Wadah

Pertama, kamu harus menentukan wadah yang akan digunakan terlebih dahulu. Sebenarnya, tidak sulit untuk mendapat wadah untuk memelihara cupang.

Meski begitu, sangat disarankan menyiapkan wadah yang berdiameter 20x15x15 cm atau setidaknya 3 liter. Tujuannya agar ikan cupang dapat bergerak dengan leluasa.

Hanya saja kamu tetap harus memperhatikan kebersihan wadah. Untuk wadah besar biasanya perlu perawatan yang lebih intens.

  • Perhatikan Volume Air dan Jenisnya

Bukan hanya memperhatikan wadah yang akan digunakan, perhatikan juga air yang digunakan untuk cupang hidup. Biasanya, ikan cupang bisa hidup di air tawar.

Sangat disarankan menggunakan air sumur atau PDAM yang sudah diendapkan selama satu hari. Volume airnya juga harus diperhatikan dengan baik.

Kamu bisa menggunakan kolam untuk merawat anakan cupang terlebih dahulu. Siapkan kolam berisi 5 liter galon air agar anakan bisa tumbuh dengan baik.

  • Jaga dengan baik kebersihan air

Selain volume dan jenis air yang akan digunakan, kebersihan air juga perlu diperhatikan dengan baik. Sangar disarankan untuk mengganti air kolam setidaknya 2 hingga 3 kali sehari.

Jangan lupa, endapan air yang akan digunakan setidaknya satu semalam. Hal tersebut bertujuan agar zat kimia di dalam air bisa mengendap dan tidak membahayakan ikan.

  • Memberikan pakan ikan

Pemberian pakan cupang juga harus diperhatikan dengan baik. Tentunya, kamu bisa memberikan cupang berbagai jenis makanan. Diantaranya seperti cacing, serangga, pelet hingga larva serangga.

Kamu bisa memberikan cupang setidaknya dua kali sehari. Makanan yang bergizi membuat pertumbuhan ikan menjadi bagus dan tentunya tidak gampang sakit.

Informasi yang dihimpun dari salamdaridesa.com, ikan cupang merupakan salah satu ikan yang paling populer saat ini.

Tak hanya sifatnya yang agresif, ikan juga punya warna yang cantik dan elegan. Tak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias.