Berkenalan Dengan Negara – Negara ‘Penyumbang’ Kopi Terbesar Dunia
Others

Berkenalan Dengan Negara – Negara ‘Penyumbang’ Kopi Terbesar Dunia

Kopi merupakan salah satu tanaman perkebunan yang hidup di negara yang beriklim tropis. Indonesia menjadi salah satu negara yang berkesempatan bisa menanam kopi di perkebunannya. Kopi sendiri pertama kali disebarkan dari Ethiopia. Di negara Ethiopia sendiri, kopi tidak bisa tumbuh dengan optimal. Sebab itu, biji kopi banyak disebarkan di beberapa negara yang dahulu menjadi jajahan bangsa Eropa. Sebab itu, Indonesia berkesempatan memiliki perkebunan kopi hitam.

Kopi sendiri menjadi salah satu komoditas yang diperdagangkan baik dulu hingga saat ini. Ada beberapa negara yang tidak bisa menumbuhkan kopi dengan optimal dan konsumsi kopi yang cukup tinggi menyebabkan kopi menjadi komoditas yang diperjualbelikan. Dalam dunia perdagangan sendiri, hasil kopi hitam dalam negeri berkualitas cukup baik dan mampu menjadi komoditas ekspor. Bahkan Indonesia menempati posisi keempat negara penghasil kopi terbesar dunia.

Mana sajakah negara penghasil kopi hitam terbesar di dunia? Berikut merupakan beberapa negara yang bersaing dengan Indonesia sebagai penghasil kopi terbesar dunia.

  1. Brazil

Produksi kopi di Brazil tahun 2016 mencapai 2,5 juta ton lebih. Dimana negara Brazil memiliki beberapa negara bagian yang menjadi pusat perkebunan kopi mereka. Beberapa diantaranya adalah Sao Paulo dan Minas Gerais. Kedua negara bagian ini memiliki iklim dan tanah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman kopi. Angka produksi kopi Brazil yang tinggi, membuat negara ini menjadi pemasok kopi nomor 1 dunia dengan jenis kopi yang dikembangkan adalah arabika.

  1. Vietnam

Tetangga Indonesia di Asia Tenggara ini menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia. Berbeda dengan Brazil yang mendominasi pasar kopi dunia dengan jenis kopi arabika, Vietnam sendiri menjadi pemasok kopi robusta terbesar dunia. Produksi kopi negara ini mencapai 1,6 juta ton pada tahun 2016 dan didominasi oleh robusta.

  1. Kolombia

Salah satu negara produsen kopi terbesar dunia adalah Kolombia. Dimana negara ini sendiri mampu memproduksi kopi dalam negeri mencapai 810.000 ton. Angka yang cukup besar untuk panen kopi nasional di negara mereka. Hal menarik mengenai negara ini sendiri adalah beberapa perkebunan di Kolombia menjadi warisan dunia karena sistem penanamannya yang terbilang unik dan khas.

  1. Indonesia

Ada beberapa daerah penghasil kopi terbanyak di Indonesia dimana beberapa diantaranya berpusat di Sumatera. Perkebunan di Indonesia sendiri bisa memproduksi kopi dengan kuantitas 660.000 ton pada tahun 2016. Kopi Indonesia adalah jenis kopi robusta dengan beragam rasa yang khas karena sistem tanam yang diaplikasikan. Menjadikan kopi Indonesia berbeda dengan kopi lainnya.

  1. Ethiopia

Negara pemilik kopi pertama kali ini juga masuk negara penghasil kopi terbesar di dunia. Produksi kopi Ethiopia sendiri mencapai 384.000 ton tahun 2016. Karena menjadi ‘rumah’ bagi kopi, ada beragam jenis kopi yang bisa ditemukan dinegara ini. Ethiopian hairloom menjadi sebutan untuk negara Ethiopia atas beragam varietas kopi dalam perkebunannya.