6 cara mengajarkan anak menulis yang efektif
Parenting

6 cara mengajarkan anak menulis yang efektif

Cara mengajarkan anak menulis yang efektif bagaimana, sih? Bunda, kita tidak bisa memaksa anak untuk menulis. Apalagi memaksa anak menuruti keinginan kita. Terlebih, jika usia anak masih di bawah 5 tahun ini akan berat. Untuk itu, bunda perlu tip mengatasinya. Rayu dia, dan ajak dia untuk menulis tapi jangan dipaksa agar dia bagus dahulu.

Menulis memang bagian dari kecerdasan anak. Tapi ini juga harus dilatih dengan baik. Jika tidak, anak akan susah untuk menulis. Nah, dari sini bunda butuh cara. Dalam kesempatan kali ini ada beberapa cara yang bisa bunda coba. Semuanya berasal dari ahli, jadi, mari kita simak saja.

Kiat Mengajarkan anak menulis

Apakah mengajarkan menulis selalu dengan buku? Tentu tidak. Ada beberapa cara dan tahapannya. Mari kita simak.

  1. Berikan gambar

Bunda, anak kecil memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rangsang dengan gambar rasa penasaran itu agar mau menulis. Prakteknya begini: pasang beberapa gambar hewan yang lucu di kamarnya atau sekitar ia beraktivitas. Pastikan gambar hewan itu lucu dan ada text di sekitarnya.

Selalu ajak ia diskusi ketika bangun dan mau tidur. Isi diskusi soal gambar tersebut. Lalu ketika ia bertanya arahkan untuk menuliskan di media. Tidak harus buku. Bunda bisa memakai bookpad atau mainan anak-anak.

  1. Alat tulis menarik

Misal pensil warna-warni. Ini akan menarik jiwa anak untuk menulis, apalagi jika bunda memberikan kertas atau media gambar yang cukup besar. Usahakan warna putih, ya, bunda.

  1. Menggunakan karakter kesukaannya

Ini cara efektif juga. Misal, bunda belikan buku gambar. Gambarnya biarkan anak yang memilih. Jika ia sudah suka dengan karakternya, soal menulis itu gambar. Mungkin Anda bertanya, “Kok buku gambar?” iya, karena kita butuh warna putihnya serta kertas yang luas.

  1. Gunakan Buku Berpola

Berapa usia anak bunda? Jika usia anak sekolah coba berikan buku berpola. Misal pola huruf, ini bisa dijadikan alat efektif untuk melatihnya menulis. Selain itu bisa juga dengan gadget yang menyediakan permainan menulis.

  1. Menulis nama orang tua

Coba ajak anak menulis nama orang tuanya. Selain itu bisa juga mengajak anak menulis panggilan buat orang tua. Misal “Ayah” kemudian “ibu” dengan begini anak akan jadi mudah menulis. Tip penting untuk Anda, keita mengajarkan anak menulis panggilan orang tuanya, berarti mengajarkan anak mengenal kosakata juga.

  1. Dampingi selalu

Ini yang lebih penting. Dampingi anak dengan sabar dan telaten. Jangan paksa atau berikan anak standar. Biarkan mengalir saja sesuai keinginannya.

Demikian informasi yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.