Lifestyle

5 Kiat Memanfaatkan Modal Kartu Prakerja Gelombang 18

Program prakerja dari pemerintah memberikan begitu banyak manfaat dan keuntungan. Peserta penerima kartu prakerja bisa mengikuti berbagai pelatihan dan diberi modal untuk membeli program-program tersebut. Anda pun bisa menikmati fasilitas ini dengan bergabung di program Kartu Prakerja Gelombang 18 nanti. Anda akan difasilitasi penuh untuk menerima berbagai jenis pelatihan bermanfaat.

Menggunakan Modal Prakerja

Saat diterima sebagai penerima kartu prakerja, Anda akan mendapatkan modal awal untuk digunakan membeli program pelatihan. Modal awal ini sebesar Rp1 juta dan akan digunakan full untuk mengikuti pelatihan dan tidak bisa dicairkan. Berikut adalah 5 tips pemanfaatan modal prakerja agar bisa efektif dan memberi manfaat optimal:

  • Cermati Dulu Semua Program

Modal yang diberikan oleh pemerintah untuk peserta prakerja ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Modal tersebut harus bisa dipakai untuk membeli program-program pelatihan yang bermanfaat. Padahal ada banyak sekali jenis program yang dapat diambil. Tentunya jika Anda mengakses semua program, modal tadi tidak akan mencukupi.

Coba cari tahu dulu program apa saja yang ditawarkan. Penting sekali untuk mencermati ketersediaan berbagai jenis program. Catat juga berapa harganya sehingga nanti bisa diperhitungkan dan disesuaikan dengan modal yang diberikan kepada Anda.

  • Pilih Berdasarkan Minat

Tentu sangat penting untuk menentukan jenis program berdasarkan minat. Pilihlah program pelatihan yang bisa mendukung minat Anda terhadap suatu bidang keterampilan tertentu. Misalnya, Anda tertarik dengan fotografi dan ingin menjual jasa pengambilan foto untuk kepentingan marketing suatu produk.

Contoh program pelatihan yang cocok bagi Anda dengan pilihan minat ini adalah “Belajar Mengambil Foto & Video untuk Menjadi Pengusaha di Bidang Fotografi/Videografi”. Program ini diadakan oleh mitra PAKAR dan Anda bisa beli pelatihan di Maubelajarapa. Berikut adalah detail informasi dari program pelatihan tersebut: https://lms.pakar.co.id/courses/belajar-lengkap-menjadi-pengusaha-dibidang-fotografi-atau-videografi/

  • Sesuaikan dengan Profesi

Sebaiknya sesuaikan juga jenis program dengan profesi yang sedang atau akan digeluti. Misalnya, Anda saat ini berprofesi sebagai desainer grafis freelance. Cobalah untuk mengambil program pelatihan yang berhubungan dengan dunia desain grafis. Ini akan sangat mendukung keterampilan Anda agar bisa lebih berkembang.

Bagaimana jika belum dapat kerja? Pilih program pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan impian. Misalnya, Anda ingin bekerja sebagai digital marketer. Ambil saja program pelatihan digital marketing supaya nanti bisa lebih mudah dapat kerja karena sudah punya keterampilan. Pilihan program sangat banyak sehingga tak sulit untuk menemukan satu program yang sesuai bidang profesi impian Anda.

  • Pilih Mitra yang Tepat

Modal yang Anda punya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Pilihlah mitra penyedia layanan pelatihan yang berkualitas. PAKAR sangat direkomendasikan untuk para penerima kartu prakerja. PAKAR menyediakan banyak jenis program pelatihan dengan harga yang terjangkau sekaligus kualitas terbaik. Program e-learning mereka juga digelar secara efektif bersama mentor-mentor berpengalaman.

  • Manfaatkan Penawaran Promo

Biasanya mitra penyedia pelatihan akan menawarkan harga promo untuk para penerima kartu prakerja. Jika ada penawaran ini langsung saja ambil, selama program pelatihan tersebut sesuai dengan minat atau lingkup profesi Anda. Selain potongan harga, biasanya juga ada penawaran dalam bentuk lain. Mulai dari bonus hingga fasilitas pelatihan yang lebih menguntungkan.

Segera persiapkan diri untuk bergabung di program Kartu Prakerja Gelombang 18. Program ini akan diselenggarakan pada bulan Agustus dan membuka kuota untuk 5,6 juta orang. Ada penambahan 2,8 juta peserta sehingga kuotanya jauh lebih besar. Para pelaku kerja freelance, pengusaha, pencari kerja, semua bisa ikut mendaftar dan mendapat kesempatan yang sama.

Program prakerja telah banyak membantu saya untuk mengembangkan potensi diri. Saya menerima pelatihan digital marketing dari PAKAR dan kini telah mendapatkan pekerjaan tetap di bidang tersebut. Sebagai digital marketer, saya memiliki bekal ilmu yang banyak lewat program pelatihan PAKAR. Saya beli pelatihan di Pijar Mahir yang dapat di akses lewat tombol di bawah dan terbukti bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk meniti karier.

Anda pun bisa mendapat kesempatan yang sama. Ikuti seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 18 yang akan dibuka nanti. Anda bisa mengikuti banyak program pelatihan dan menerima bekal yang memadai agar bisa cepat dapat kerja.