5 Kandungan Makanan untuk Kucing Umur 2 Bulan
Others

5 Kandungan Makanan untuk Kucing Umur 2 Bulan

Kucing merupakan hewan imut dan lucu. Apalagi saat kucing yang masih kecil berumur 2 tahun. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya hingga dewasa. Salah satu caranya adalah memperhatikan kandungan makanan untuk kucing umur 2 bulan. Simak informasi lengkapnya berikut.

1.             Protein

Kandungan yang harus diperhatikan dalam makanan kucing adalah protein. Protein yang ada dalam tubuh kucing dapat bermanfaat untuk membangun otot dan perbaikan jaringan serta merupakan sumber energi utama bagi kucing. Ada berbagai macam makanan yang merupakan sumber protein.

Namun, tidak semua jenis protein memiliki kandungan asam amino yang signifikan dan kemampuan untuk dipecah kembali menjadi asam amino dalam tubuh. Misalnya saja protein yang diperoleh dari daging, protein yang diperoleh dari susu dan protein dari nabati. 

Begitu juga dengan kandungan arginin yang merupakan komponen asam amino dan berperan sebagai pembelahan sel, penyembuhan luka, menghilangkan amonia dari tubuh, menjaga kekebalan tubuh, dan pelepasan hormon. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan variasi makanan yang mengandung protein dan aman untuk kucing.

2.             Lemak

Kandungan lainnya selain protein adalah lemak. Jangan remehkan kandungan ini dalam makanan kucing. Justru kandungan ini sama pentingnya dengan kandungan sebelumnya. Hal ini dikarenakan lemak dapat dijadikan sumber energi lainnya. Selain itu, kandungan lemak yang ada dalam makanan juga bisa membuat makanan terasa lebih enak.

Adanya kandungan lemak dapat membuat tubuh kucing semakin terlihat gendut. Apabila tubuh kucing menjadi gendut karena mengandung jaringan lemak juga bisa membantu untuk melindungi tubuh kucing dari cuaca dingin.

3.             Karbohidrat

Selain kandungan protein dan lemak, kucing yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan juga membutuhkan karbohidrat. Kandungan karbohidrat ini dapat membantu kucing tumbuh besar. Namun, Anda harus tetap perhatikan juga persentase banyaknya makanan yang Anda sajikan.

4.             Mineral

Kandungan mineral juga penting untuk menjaga kesehatan kucing. Salah satu contoh kandungan mineral seperti makanan yang mengandung kalsium dan fosfor penting untuk membangun tulang. Hal ini tentu dapat membantu tulang kucing lebih kuat. Selain itu kandungan mineral juga bisa menjaga kesehatan kulit, ligamen, sel darah merah dan sistem kekebalan tubuh.

5.             Vitamin

Kandungan berupa vitamin juga diperlukan untuk masa pertumbuhan dan perkembangan kucing. Pasalnya vitamin merupakan kandungan yang terlibat banyak proses dalam tubuh dan sering bekerja bersama dengan kandungan lainnya. Adapun jenis vitamin yang biasa diperlukan adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan juga vitamin yang larut dalam air seperti kelompok vitamin B dan vitamin C.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa kandungan makanan untuk kucing umur 2 bulan yang bisa Anda berikan. Jangan lupa juga untuk memeriksakan kondisi kucing setiap tahunnya agar Anda bisa mengukur pertumbuhannya.