Ide Menu Makanan sebagai Solusi saat Anak Tak Mau Makan
Lifestyle

5 Ide Menu Makanan sebagai Solusi saat Anak Tak Mau Makan

Menghadapi anak yang susah makan memang terkadang begitu menantang. Sudah dilakukan beragam macam cara untuk merayu, namun anak malah menutup rapat-rapat mulutnya. Kondisi ini sering terjadi dan salah satu cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba adalah dengan mengganti variasi menu yang disajikan.

Ide Menu untuk Anak

Memang sangat disarankan untuk menyajikan varian makanan yang kreatif setiap harinya untuk memancing nafsu makan anak. Anda bisa berkreasi dengan berbagai jenis bahan makanan yang sehari-hari biasa digunakan. Berikut adalah beberapa ide menu makanan yang bisa disajikan kepada anak:

1. Nugget Ayam Wortel

Pilihan menu pertama yang bisa disajikan adalah olahan nugget ayam wortel. Nugget biasanya menjadi salah satu makanan yang disukai anak. Namun Anda tak disarankan memberikan produk nugget setiap hari. Buatlah sendiri nugget ayam wortel yang sehat dan tanpa bahan pengawet. Makanan ini juga bisa jadi pilihan menu untuk mengajari anak makan sendiri jika disajikan sebagai finger food.

2. Omelet Nasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika anak susah makan ialah menyajikan makanan dalam bentuk yang lebih praktis. Biasanya anak jadi malas makan saat lauk dan nasi disajikan terpisah. Entah dimakan lauknya saja atau bahkan bisa nasinya saja. Anda bisa menyajikan omelet nasi dengan tambahan potongan sayur dan taburan keju di atasnya.

3. Brokoli Krispi

Salah satu masalah yang mungkin muncul saat anak mulai makan adalah mereka enggan makan sayur. Cara mengatasi anak susah makan sayuran yaitu dengan menyajikan sayur dalam bentuk yang berbeda. Misalnya dengan menggoreng sayur agar terasa krispi dan lebih gurih. Coba sajikan brokoli yang digoreng dengan tepung bumbu sebagai camilan si kecil.

4. Bola-Bola Kentang

Jika si kecil bosan makan nasi, Anda bisa menggantinya dengan jenis karbohidrat yang lain. Kentang menjadi bahan favorit pengganti karbohidrat yang akan membuat anak menjadi lebih lahap makan. Agar tak terasa membosankan, cobalah untuk menyajikan kentang goreng dalam bentuk bola-bola. Makanan ini bisa disajikan saat jam makan utama atau sebagai camilan.

5. Spaghetti

Anak biasanya akan lebih bersemangat makan saat jenis makanan yang disajikan berbeda dan terlihat menarik. Daripada menyodorkan nasi dan lauk, cobalah untuk menawarkan spaghetti. Bentuk spaghetti yang menarik pasti akan disukai anak. Sajikan spaghetti dengan olahan daging sapi cincang atau topping lain untuk menambah kandungan gizinya.

Itulah ide-ide sajian menu yang bisa ditawarkan saat anak susah makan. Cara mengatasi anak susah makan sebenarnya sangat beragam. Anda bisa mencoba berbagai cara untuk memunculkan kembali nafsu makan si kecil. Memang dibutuhkan kesabaran, namun pasti akan merasa lega jika anak lahap makan dan tumbuh semakin sehat.