4 Cara Mudah Melestarikan Lingkungan Sekitar, Mulai dari Kebiasaan Sehari-hari
Lifestyle

4 Cara Mudah Melestarikan Lingkungan Sekitar, Mulai dari Kebiasaan Sehari-hari

Salah satu bagian dari kehidupan manusia yang tidak di pisahkan adalah lingkungan. Kita selaku manusia butuh lingkungan dan sebaiknya lingkungan juga membutuhkan manusia untuk merawatnya agar tetap lestari, hal tersebut merupakan kewajiban bagi setiap manusia untuk tetap menjaga lingkungan tetap asri.

Tapi sangat di sayangkan, apa yang terjadi di lapangan tidak sesuai apa yang di impikan yang mana tidak semua manusia mampu menjaga bumi dengan baik. Ada berbagai masalah yang muncul berkaitan dengan kelestarian lingkungan yang masih belum bisa terselesaikan dengan baik. Bahkan yang terburuk malah muncul masalah baru sedangkan masalah sebelumnya belum terselesaikan.

Oleh sebab itu melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama kita selaku manusia yang tinggal di Bumi. Tentu langkah nyata untuk melestarikan lingkungan hidup adalah di mulai dari diri sendiri di mulai dari lingkungan di sekitar rumah. Meskipun hal tersebut di anggap langkah kecil oleh sebagian orang tapi ketika hal tersebut di lakukan oleh setiap manusia maka akan menjadi langkah besar.

Ada beberapa langkah kecil yang bisa di lakukan setiap manusia tapi memiliki dampak yang besar di antaranya.

  1. Olah sampah organik menjadi kompos

Mengumpulkan limbah rumah tangga yang berupa sampah organik menjadi kompos merupakan satu langkah besar untuk melestarikan kembali lingkungan. Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari kompos di antarnaya

  • Membuat tanah yang sebelumnya gersang menjadi subur kembali mengingat kompos banyak sekali unsur hara serta mengandung banyak mineral yang di butuhkan untuk tanah dan tanaman.
  • Menurunkan resiko terjadinya lonsor, Hal ini dikarenakan kompos membuat penyumbatan aliran air yang dapat menybebkan banjir bahkan longsor.
  • Mengurangi penumpukan sampah di TPA, dengan mengolah sampah organik menjadi kompos tentunya akan membuat penumpukan sampah menjadi berkurang. Sehingga mengurangi bau busuk yang lama mengendep di TPA yang tidak baik bagi lingkungan sekitar.
  • Kompos memperbaiki struktur tanah yang sebelumnya sudah bermasalah dengan cara ini juga kualtias air juga perlahan menjadi baik.
  1. Kurangi penggunaan bahan kimia

Penggunaan bahan kimia seperti racun rumput membuat rantai makanan menjadi rusak serta membutuh bakteri baik yang berada di lingkungan. Sedangkan jangka panjang bahan kimia akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh manusia yang bisa berakibat kanker.

  1. Mulai menggunakan transportasi umum atau sepeda

Dengan tidak memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepada motor lalu memilih menggunakan transportasi umum ini akan membuat polusi udara berkurang. Bahkan ketika anda memilih bersepeda juga akan membuat tubuh anda lebih sehat.

  1. Gunakan prodak hemat energi

Saat ini perusahaan teknologi sudah berlomba-lomba menuju go green salah satu fitur unggulannya adalah hemat energi. Contoh saja seperti Lampu LED merupakan lampu murah, hemat energi dan terang dengan kualitas tahan lama. Jadi jangan ragu untuk beralih keteknologi hemat energi.